Karya Lukis Siswa - Siswi SMP Methodist

5 May 2021

Manfaat Melukis Dalam Kehidupan

            Setiap orang memiliki keistimewaan dan bakat yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Salah satu bakat yang ada adalah melukis. Di SMP Methodist kami menemukan banyak siswa-siswi berbakat dalam bidang Seni Lukis. Mereka pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 ini melukis dengan berbagai tema seperti : “Art & Material”, “Pandemi Covid-19”, “Pemandangan  Bawah Laut”, serta “Pemandangan Kota”. Selain dari mengembangkan bakat dan potensi, melukis juga memiliki beberapa manfaat positif dalam kehidupan diantaranya:

  1. Meningkatkan daya kreativitas. Kegiatan melukis dapat menstimulasi daya kreativitas dan imaginasi seseorang. Misalnya dengan mengimajinasikan pemandangan kota disuatu tempat kemudian menuangkannya dalam bentuk lukisan.
  2. Sarana Relaksasi. Dengan melukis tubuh cenderung lebih rileks dan nyaman. Hal ini merupakan kegiatan rekreasi yang menyenangkan bagi yang menyukainya.
  3. Meningkatkan konsentrasi. Pada saat melukis maka seseorang akan fokus dan berkonsentrasi dengan objek yang ada dihadapannya.
  4. Meningkatkan kemampuan Bahasa non-verbal. Melukis merupakan ungkapan ide, pikiran, perasaan dan harapan dari pelukis yang ingin disampaikan dan biasanya memiliki pesan tersendiri yang diharapkan dapat tersampaikan melalui hasil lukisannya.

Mari kenali bakat anak-anak kita sedini mungkin, serta mendukung

mereka untuk mengembangkan potensi dan kemampuannya dalam bidang Seni Lukis sebagai bekal dimasa depan nanti. Teruslah berlatih dan pantang menyerah untuk menggapai masa depan yang cemerlang.