Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/method/public_html/template/function.php on line 703
Mother\'s Day - Perguruan Kristen Methodist Indonesia

Mother\'s Day

9 May 2021

“Pandemic Mother’s Day”

Hari ibu kali ini mungkin menjadi peringatan yang berdampak secara psikologis bagi para ibu. Dampak pandemi telah muncul dalam berbagai cara yang tidak proporsional pada wanita. Mereka mengalami lebih banyak kehilangan pekerjaan daripada pria.

Hal ini tercermin dari banyaknya sektor bisnis yang terdampak di mana wanita banyak bekerja. Data mencatat 40 persen pekerja wanita di dunia bekerja di sektor bisnis yang paling terdampak pandemi, misalnya restoran, perhotelan, akomodasi, dan asisten rumah tangga. Data lain mencatat 54 persen dari total 75 juta pekerja di bisnis restoran dan akomodasi merupakan wanita.

Para pejuang pandemi di bidang kesehatan sebagian besar di dominasi oleh wanita, beberapa dari mereka terisolasi, tidak dapat bertemu dengan anggota keluarga mereka. Kita kehilangan “angka keibuan” yang dibutuhkan di keluarga karena situasi pandemi.

Selain itu kekerasan dalam rumah tangga terhadap kaum wanita dan anak juga semakin meningkat secara global. Ada banyak ibu yang harus berjuang untuk tetap kuat demi anak anak mereka dan bertahan dalam pernikahan.

Menjadi perenungan bagi kita sekalian yang menikmati kasih seorang ibu secara langsung atau tidak langsung. Ditengah ketidakberpihakan bagi para ibu saat ini, mereka tetap menjalankan peran mereka sebagai “penolong” sejati yang memberi rasa aman, kehangatan dan kepedulian. Natur keibuan mereka bersuara dan bertindak menyangga sendi sendi keluarga, masyarakat (di luar keluarga) dalam berbagai aspek.

Terima kasih untuk para ibu atas kasih dan pengorbananmu untuk orang orang yang kalian kasihi. Terima kasih bahkan untuk berbagi kasih kepada orang-orang diluar lingkaran keluarga, di tengah situasi pandemi. Selamat hari ibu. TUHAN memberkati.